SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SDN CIMANGGU
Mata Pelajaran :
IPA
Kelas/Program :
V / SEKOLAH DASAR
Semester : 1 (satu)
Standar
Kompetensi : 3.
Mengidentifikasi cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok dan Uraian Materi
|
Pengalaman
Belajar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/
Bahan/ Alat
|
||
Jenis Tagihan
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
3.1
Mengidentifikasi
penyesuaian diri hewan dengan lingkungan tertentu untuk mempertahankan hidup
|
Penyesuaian makhluk
hidup dengan lingkungannya
A. Penyesuaian dengan lingkungannya (Hlm.56)
|
o
Memahami
peta konsep hewan yang menyesuaikan dengan lingkungannya
o
Melakukan
diskusi kelompok
o
Mememahami
hewan-hewan dalam melindungi diri dari musuhnya
-
Bunglon
→ mengubah warna tubuhnya
-
Walang
sangit → mengeluarkan bau yang sangat menyengat
-
Walang
daun → bentuk dan warna tubuh yang
menterupai daun
-
Kala
jengking, kelabang, dan lebah → mempunyai sengat
-
tubuh ke
tubuh musuhnya
o
Mengerjakan tugas
|
o Memberikan contoh cara hewan menyesuaikan
diri dengan lingkungannya untuk memperoleh makanan dan melindungi diri dari
musuhnya.
|
Tugas Individu
|
Laporan
Uraian Objektif
|
o
Sebutkanlah
contoh cara hewan menyesuaikan diri dengan lingkungannya untuk memperoleh
makanan dan melindungi diri dari musuhnya.
o
Apakah yang dimaksud dengan kamuflase?
o Dengan cara bagaimana
cumi-cumi menghindari diri dari musuhnya?
o Apakah perbedaan mimikri
dengan kamuflase?
o
Ulat dapat menegakkan bulu-bulunya apa maksudnya?
|
2 x 35
|
Sumber:
Buku IPA SD
Kelas V
Alat:
Kit murid
Poster binatang
Binatang asli
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SDN CIMANGGU
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan
Alam ( IPA )
Kelas/Semester : V/ 1
Materi Pokok : Penyesuaian
makhluk hidup dengan lingkungannya
Waktu : 2 x
35 menit
I.
Standar Kompetensi
3. Mengidentifikasi
cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan
II. Kompetensi Dasar
3.1 Mengidentifikasi penyesuaian diri hewan dengan lingkungan
tertentu untuk mempertahankan hidup
III. Nilai
Karakter Bangsa
Rasa ingin tahu, aktif, tekun, teliti dan
disiplin
IV.
Indikator
Memberikan cara contoh hewan menyesuaikan diri
dengan lingkungannya untuk memperoleh makanan dan melindungi diri dari
musuhnya.
V. Tujuan Pembelajaran
o
Siswa dapat Memahami peta konsep
hewan yang menyesuaikan dengan lingkungannya dengan tekun dan teliti
o
Siswa dapat Mememahami penyesuaian
diri hewan dengan lingkungannya dengan
rasa ingin tahu
o
Siswa dapat Mememahami hewan-hewan
dalam melindungi diri dari musuhnya dengan aktif dan disiplin
VI.
Materi Pokok
Penyesuaian makhluk hidup dengan
lingkungannya
VII. Metode Pembelajaran
Ceramah, pengamatan dan diskusi
VIII. Langkah-langkah Pembelajaran
A.
Kegiatan Awal
Motivasi :
Guru menunjukkan belalang hijau yang terdapat dalam rumput hijau sambil
bertanya :”Amati belalang yang Bapak/Ibu bawa. Siapa yang dapat menebak, apakah
manfaat warna hijau pada belalang? (Untuk menyesuaikan diri pada lingkungan
atau adaptasi).
B.
Kegiatan Inti
Rumusan masalah :
·
Apakah adaptasi
juga terjadi pada hewan selain belalang?
·
Apa
manfaat adaptasi pada hewan?
Kegiatan 1
1. Dalam kegiatan ini siswa bekerja dalam
kelompok beranggotakan 4-6 siswa.
2.
Siswa diajak ke luar kelas untuk mencari beberapa hewan yang ditemui dan
mencatat ciri-ciri adaptasi dan manfaatnya.
Kegiatan 2
1.
Untuk menambah jumlah pengamatan hewan, setiap kelompok diberi beberapa
kartu binatang.
2.
Setelah pengamatan siswa akan menentukan nama jenis hewan yang dimaksud.
3.
Siswa mengidentifikasi cara-cara adaptasi hewan terhadap lingkungannya
dan menentukan manfaat dari adaptasi.
4.
Hasil pengamatan siswa dicatat dalam tabel.
Kesimpulan :
a.
Hewan memiliki berbagai bentuk adaptasi guna melindungi diri terhadap
musuhnya.
b.
Hewan memiliki berbagai bentuk adaptasi guna memperoleh makanannya.
Informasi Guru :
Perbedaaan adaptasi hewan menurut sifatnya :
1.
Adaptasi morfologi : penyesuaian diri makhluk hidup terhadap lingkungannya
yang didasarkan pada bentuk alat-alat tubuh. Contoh : Bentuk paruh itik pipih untuk mencari makanan di
tempat becek.
2.
Adaptasi fisiologi : merupakan penyesuaian diri makhluk hidup terhadap
lingkungannya yang didasarkan fungsi kerja organ-organ tertentu. Contoh: Adanya
enzim amilase pada alat pencernaan hewan pemakan tepung, dan adanya enzim
selulase pada hewan pemakan rumput. Pada cacing tanah dilengkapi kelenjar kapur
disekitar kerongkongannya yang berfungsi menetralkan zat makanan sehingga
tingkat keasamannya berkurang.
3.
Adaptasi tingkah laku : merupakan penyesuaian diri makhluk hidup
terhadap lingkungannya yang didasarkan pada tingkah laku. Contohnya: Kerbau
berkubang pada siang hari, mamalia yang hidup di air (paus dan lumba-lumba), pada
saat-saat tertentu muncul ke permukaan air untuk mengambil oksigen dan
melepaskan karbondioksida. Cicak dan kadal memutuskan ekornya untuk mengelabuhi
musuhnya.
Beberapa istilah adaptasi :
1. Mimikri yaitu terjadi perubahan warna tubuh sesuai dengan warna
lingkungannya, misalnya bunglon.
2. Autotomi atau memutuskan ekornya, misalnya cecak.
3. Penyamaran atau kamuflase
memiliki bentuk dan warna menyerupai lingkungan, misalnya belalang daun. Penyamaran
juga diterapkan pada manusia (tentara yang perang menggunakan daun-daun untuk
menutup tubuhnya).
C.
Kegiatan akhir
Memberikan kesimpulan :
·
Hewan melindungi diri dari
musuhnya dengan cara yang berbeda-beda.
XI. Sumber Pembelajaran/Alat/Bahan
Sumber : Buku teks IPA kelas V
Peralatan dan
bahan :
·
Kit murid
: Poster binatang dan kartu binatang
(adaptasi melindungi diri).
·
Gambar
binatang yang lain, yaitu landak, walang sangit, belalang daun, belalang kayu,
ulat daun.
·
Binatang
asli : belalang hijau/coklat, kupu-kupu.
·
Kebun/lingkungan
sekolah.
X. Penilaian
Jenis Test
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
o Tertulis
|
Tugas Individu
|
Laporan
Uraian Objektif
|
o Sebutkanlah contoh cara hewan menyesuaikan diri dengan lingkungannya
untuk memperoleh makanan dan melindungi diri dari musuhnya.
o Apakah yang dimaksud dengan kamuflase?
o Dengan cara bagaimana cumi-cumi menghindari
diri dari musuhnya?
o Apakah perbedaan mimikri dengan kamuflase?
o Ulat dapat menegakkan bulu-bulunya apa
maksudnya?
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
F
Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
F
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif
Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
F
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
CATATAN :
@ Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Kelas V
.................................. ..................................
NIP : NIP :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar